Home » , , » Bunga Bank Halal Atau Haram

Bunga Bank Halal Atau Haram

Bunga Bank halalkah atau haramkah hukumnya ?

Perdebatan dan atau perbedaan pendapat mengenai hukum halal atau haramnya bunga bank konvensional adalah merupakan hal klasik yang hingga kini belum ditemukan titik temu, nyatanya hampir disetiap wilayah pedesaan kini hadir Bank desa dengan tingkat suku bunga yang semakin menjadi - jadi.

Hal ini terjadi karena sudah terlalu banyak orang "waras dan pintar" yang tengah dan telah melakukan atau menafsirkan atau memberikan fatwa mengenai segala sesuatu hal dalam kehidupan ini, sehingga terhadap satu hal yang mustinya dapat diputuskan oleh satu orang pemimpin saja menjadi sebuah perdebatan yang tiada berakhir termasuk dikalangan ulama dan akademisi yang mana masing masing mereka mempuyai argumen yang berbeda.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebenarnya telah mengeluarkan fatwa yang mengharamkan bunga bank konvensional. Ada pendapat yang menyamakan bunga bank dengan riba secara mutlak sehingga hukumnya haram pun ada pendapat yang menyatakan bahwa yang melakukan riba adalah personal dan bukan badan hukum, dengan dua acuan inilah pemerintah kemudian menguatkan sistem perbankan syariah yang dahulunya memang telah ada namun belum berkembang seperti sekarang ini.

Perbankan syariah menganut sistem bagi hasil dimana sistem tersebut dianut dalam kegiatan perdagangan umat islam pada zaman dahulu.


Namun Demikian

Masih terdapat sebagian kalangan yang menyatakan bahwa bunga Bank Konvensional adalah halal dan riba yang dimaksud di dalam Al Quran tidak dapat disamakan dengan bunga Bank. Disamping itu jika kemudian masyarakat beranggapan bahwa bunga bank haram dampaknya akan sangat besar dan berpengaruh pada terhentinya perdagangan dan tentu saja akan sangat menganggu pertumbuhan ekonomi secara nasional. Dampaknya akan sangat besar dan bisa saja terjadi kekacauan (chaos) diseluruh negeri.


Bagaimana menurut saudara tentang bunga bank halalkah atau haramkah ?

1 comments:

  1. yg halal dan yg haram sebenarnya sudah sangat jelas.

    ReplyDelete