Home » , , , , » Kopi Kotoran Luwak Haram

Kopi Kotoran Luwak Haram

Kopi Luwak Itu halal Apa haram .........? Setelah pada catatan sebelumnya kopi luwak halal berikut kami catatkan pendapat yang menyatakan kopi luwak itu haram.


KOPI luwak adalah biji kopi yang keluar dari perut musang atau luwak dalam bentuk kotoran, kopi luwak saat ini sangat populer di kalangan para penggemar kopi khususnya di Indonesia. meskipun kopi tersebut diperoleh / dihasilkan melalui sebuah proses fermentasi dari dalam sistem pencernaan luwak namun ianya tetap menarik minat setiap penggemar kopi untuk menikmatinya hal ini disebabkan oleh kerana cita rasa dari kopi luwak itu sendiri yang menurut mereka unik dan enak. (maho)

Harganya yang cukup mahal juga menjadi satu daya tarik tersendiri di kalangan para penggemar kopi,
Kopi luwak juga teramat sangat jarang ditemui kerana setiap petani hanya bisa menghasilkan +- 200 kilogram pertahun.

Di pasaran harganya bisa berkisar antara AS$100 (8 ratusan ribu) hingga AS$300 (2,4 jutaan) per kilogram. kalo teman saya jual hanya 500 Ribu per kilo gram berminat ...?

Tidak sedikit yang bingung dan ragu akan hukum meminum kopi luwak. namun menurut Majlis Ulama Indonesia (MUI) kopi tersebut halal dengan syarat biji kopi berkenaan telah dibersihkan dari kotoran. baca catatan sebelumnya.

Proses kopi luwak terjadi apabila biji kopi yang masih berkulit, ditelan kemudian sisanya yang berupa biji kopi dengan kulit dalam kopi, keluar bersama kotorannya. Sebelum diolah, biji kopi yang telah keluar tadi dipisahkan dari kotoran musang secara manual.

Hal ini tidak senada dengan Mufti Selangor, Datuk Tamyes Abdul Wahid, yang secara peribadi memiliki pendapat bahawa kopi luwak adalah haram untuk diminum meskipun telah melalui proses pembersihan.

"Biji kopi yang dimakan musang tadi sudah masuk ke dalam perutnya dan telah bercampur dengan enzim yang terdapat dalam badan binatang tersebut lalu dicernakan melalui sistem pembuangan najis.

"Akibat percampuran biji kopi dan najis musang tersebut ia adalah haram untuk diminum. Sebabnya, kulit biji kopi tersebut adalah nipis dan ia berkemungkinan telah dimasuki atau bercampur dengan najis musang," jelas beliau.

Well .......... Mo ikut yang mana ...? Halal atau Haram ..........?

Mending ndak tahu dan ndak mau tahu juga ndak minum dan ndak mau minum ^_^

6 comments:

  1. selama ada manfaatnya kenapa tidak???
    buktinya ada obat-obatan yang diracik dari bahan yang tidak baik, tapi selama tujuannya untuk hal yang baik atau untuk kesehatan, juga di perbolehkan.

    ReplyDelete
  2. Kalau aku sich.. lebih memilih meninggalkan sgala hal yang meragukan dan abu2, krn pilihan cuman ada 2 "hitam dan putih".

    Prinsip jg.., ngga mungkin sy mau menolong orang lain dari hasil curian.. Niatnya baik tetapi dengan jalan yang salah (haram)dan tidak diajarkan dlm Islam, jelas sia2 ngga bermanfaat dan ngga berpahala.

    Wallaahu allam bisshawab..


    ReplyDelete
  3. Ha ha ha..........
    gitu aja repot....
    Payah payah payah ....
    percuma yg punya otak..........
    mending makan 4 sehat 5 sempurna+apapun kopinya Yg Ptng Enyak-Enyak..........

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. ndak minum wes,,,haram aja ah,,
    kl telor kan beda,,mskipun kluar brsama kotoran tp kan adacangkangnya,,ini mah ndak,,

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete