Home » , » Kontroversi Kopi Tai Luwak

Kontroversi Kopi Tai Luwak

Kopi Luwak merupakan jenis kopi yang unik dan tidak biasa, Keunikan dari kopi luwak terletak pada proses pembuatannya yang mana buah kopi harus terlebih dahulu di konsumsi oleh binatang luwak dan kemudian hasilnya (kotorannya) dibersihkan sampai bersih barulah kemudian buah kopi yang tinggal bijinya tersebut bisa dinamakan Kopi Luwak.


Sebagaimana telah diketahui oleh khalayak umum seperti diuraikan pada paragraf diatas bahwa Kopi Luwak adalah kopi yang berasal dari kotoran luwak, dan meskipun telah banyak fatwa , pendapat , pandangan dikeluarkan oleh para ulama' tetap saja kontroversi banyak ditemui, hal ini disebabkan oleh karena perbedaan pendapat dalam menyatakan status hukum dari kopi kotoran luwak tersebut.

Pada satu sisi jika kita mengambil dasar dari Hadits Rasulullah yang menyatakan bahwa sanya segala sesuatu yang menjijikkan adalah haram untuk di makan maka bisa jadi Kopi Luwak yang tentu saja menjijikkan dan kotor karena memang berasal dari kotoran binatang ini adalah haram untuk dikonsumsi.

Namun jika di lihat dari proses pencernaan dan proses pembuatan kopi luwak ini, mungkin bisa di katakan kalau kopi ini halal untuk di konsumsi, karena pada proses pencernaan luwak tersebut, kopi yang dimakan oleh luwak sama sekali tidak berubah dari kopi aslinya , proses pembuatan kopi luwak inipun terlebih dahulu di bersihkan dan di jemur pada panas matahari kemudian digoreng sehingga kopi tersebut bisa di katakan sudah bersih.

Dalam kontroversi halal dan haram kopi luwak ini masih terdapat perbedaan yang belum berujung pada kesepakatan.


Dari Juga memang seperti itu .... selalu ada yang bilang hitam dan putih , mending minum kopi biasa saja :) disamping harga terjangkau statusnya juga jelas.

Yuk Ngopi .....

0 comments:

Post a Comment