Home » » Kopi Bermakna Juga Kekuatan

Kopi Bermakna Juga Kekuatan

Wedang Kopi adalah satu jenis minuman campuran yang berasal dari sebuah proses pengolahan berupa penggorang dan ekstraksi atas biji dari tanaman kopi.


Kata kopi itu sendiri diyakini beberapa orang berasal dari bahasa Arab قهوة‎  yang berarti juga kekuatan, karena pada awal penggunaannya kopi dijadikan sebagai salah satu makanan yang berenergi tinggi.

Kata qahwah kemudian kembali mengalami sebuah perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan pada akhirnya berubah menjadi koffie saduran dari bahasa Belanda dan hingga kini penggunaan kata koffie tersebut diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi sebuah kata "kopi" sebagaimana dikenal oleh kebanyakan orang saat ini.

Dalam catatan Sejarah penemuan kopi sebagai sebuah minuman yang berkhasiat serta berenergi pertama kali diprokalmirkan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika pada tahun 1000 SM. kemudian terus berkembang dan mengalami berbagai macam penyajian hingga kini menjadi salah satu minuman yang populer di dunia serta digemari oleh berbagai kalangan masyarakat.

Bangsa Arab yang pada saat itu memiliki peradaban lebih maju dibandingkan dengan Afrika saat itu, memanfaatkan dengan direbus untuk diambil sarinya. dipercaya pada abad ke-13, umat Muslim sudah banyak yang mengkonsumsi minuman ini agar para penjaga tetap terjaga.

Kedahsyatan minuman kopi meningkat seiring dengan penyebaran agama Islam pada saat itu hingga mencapai daerah Mediterania, dan India. dimasa ini, bangsa arab belum membudidayakan tanaman kopi di luar daerah Arab, barulah pada tahun 1600-an, seorang peziarah dari Hindia berhasil membawa biji kopi fertil keluar dari Mekah dan membudidayakannya di berbagai daerah di luar Arab.

Wallahu A'lam

0 comments:

Post a Comment