Home » » Kopi Arabica

Kopi Arabica

Kopi Arabica , kenapa diberi nama Arabika ...? Apakah ini ada kaitannya dengan bangsa Arab ..? atau mungkin kopi ini pertama kali tumbuh di arab dan kemudian disebarkan ke berbagai belahan dunia ...?

Diperkirakan terdapat sekitar 350.000 jenis tanaman yang ada dan telah dibudidayakan oleh manusia, termasuk tanaman kopi adalah salah satunya. Diantara jenis - jenis Kopi yang ada didunia ini dua diantaranya yang paling terkenal selain Robusta adalah kopi Arabika , kopi jenis ini menurut beberapa sumber pertama kali diklasifikasikan oleh seseorang bernama Carl Linnaeus.

Kopi arabica sangat berbeda dengan jenis tanaman Kopi yang lain yang mana kopi arabica ini sangat peka atau rentan terhadap penyakit, terutama jika dibudidayakan di daerah dengan elevasi kurang dari 700 m di atas permukaan laut. Arabika memiliki banyak varietas tergantung negara, iklim, dan tanah tempat kopi Arabica tersebut ditanam.

Menurut hasil Penelitian Jenis Kopi Arabica ini memiliki kandungan kafein sebasar 0.8-1.4%. Arabika atau Coffea arabica merupakan Spesies kopi pertama yang ditemukan dan dibudidayakan manusia hingga sekarang. Pada awalnya Jenis kopi ini berasal dari Brasil dan Etiopia namun kini telah menguasai sebagian besar pasar kopi didunia dan harganya juga lebih mahal daripada jenis kopi yang lainnya.

Di Indonesia kita dapat menemukan kopi Arabica di daerah pegunungan toraja, Sumatera, Aceh dan di beberapa di pulau Jawa. Beberapa varietas dari kopi arabika saat ini memang sedang dikembangkan di Indonesia antara lain kopi arabica jenis Abesinia, Pasumah, dan Congensis, serta berbagai jenis kopi Arabica yang lain.

Hm.... kok ndak ada kaitannya dengan negara Arab ya ...? kenapa disebut kopi Arabica...?

0 comments:

Post a Comment