Home » » Teknik Pengolahan Biji Kopi

Teknik Pengolahan Biji Kopi

Tanaman dan atau pohon kopi senantiasa memiliki daun yang hijau disepanjang tahun serta berbunga putih bersih. Bunga inilah yang kemudian nantinya akan menghasilkan buah kopi yang mirip dengan ceri namun terbungkus didalam cangkang yang cukup keras.

Buah kopi adalah hasil dari pada pembuahan yang berada di bunga kopi yang kemudian dengan biji kopi, dengan warna awal adalah hijau sebagaimana buah pada umumnya dan menjadi merah kehitaman pada saat siap panen.

Pemanenan buah kopi seringkali dilakukan oleh para petani dengan cara manual mempergunakan tangan. barulah kemudian pada tahap selanjutnya, setalah biji kopi yang telah dipanen ini dipisahkan cangkangnya dilakukan dengan mesin. Namun tidak semua para petani memisahkan mesin penggilangan untuk pekerjaan ini karena teknik lama yakni dengan pengeringan masih juga dipergunakan khususnya para petani kecil yang minim akan modal dan fasilitas.

Di Negara Indonesia, saat para petani menggunakan 3 macam teknik pengeringan biji kopi yang pertama yakni dikeringkan langsung dibawah sinar matahari hingga kadar air tersisa hanya 30-35% dan  Metode lainnya adalah dengan menggunkan mesin giling. sedangkan metode terakhir yang saat ini sedang Ngetrend atau naik daun adalah dengan mempergunakan jasa binatang (luwak)

Metode penggilingan yang ketiga ini dipercaya dapat memberikan hasil yang lebih baik dari pada metode pengeringan langsung atau dengan mesin karena biji Kopi dipercaya akan menjalani serangkaian proses pengolahan yang panjang dari buah kopi menjadi biji kopi didalam tubuh luwak dan hal inilah yang diyakini akan memberikan tambahan rasa yang berbeda.

Sudah pernah coba kopi luwak ........!!!

0 comments:

Post a Comment